ORGANISASI #5 & 6



A. Tipe atau Bentuk Organisasi


Dalam bentuk/tipe organisasi yang sangat ditekankan adalah struktur dari organisasi tersebut. Struktur organisasi adalah merupakan sebuah konsep abstrak yang menunjukkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa yang melakukan tugas tugas yang telah ditentukan dan mekanisme koordinasi formal serta pola interaksi dalam organisasi. Ada 5 jenis organisasi berdasarkan bentuk / tipe nya
     
      a. Organisasi Lini

Organisasi lini adalah salah satu bentuk organisasi yang manajer puncaknya dianggap sebagai sumber semua wewenang. Semua keputusan dan tanggung jawab berada pada satu tangan, dan tiap anggota hnaya mengenal satu pimpinan langsung yang membawahinya ( Saydam, 1993:92). Dari pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa tipe organisasi lini adalah tipe organisasi yang sangat menekankankan pada hierarki vertikal. Pada organisasi lini perintah hanya diberikan oleh seorang atasan saja, dan kepada atasan yang bersangkutan karyawan bertanggung jawab.

Kebaikan :

  1. Benar – Benar teliti dalam memilih pimpinan.
  2. Menyeleksi atasan - atasan yang aktif dan pasif.
  3. Memiliki ketegasan dalam pemberian perinta
Kekurangan :
  1. Hanya mengandalkan pemimpin nya saja.
  2. Jadi kurang nya ke aktifan karyawan di bawahnya. 

    
    b. Organisasi staf


Organisasi bentuk staf adalah salah satu bentuk organisasi yang tidak mempunyai garis komando ke bawah. Para karyawan hanya berfungsi sebagai pemberi bantuan kepada pimpinan puncak untuk kelancaran tugas. Organisasi bentuk staf merupakan organisasi sederhana. (Saydam, 1993:94) Berbeda dengan struktur organisasi lini yang memiliki ketegasan dalam pemberian perintah, organisasi staf hanya memperlakukan staf sebagai bagian dari struktur organisasi yang memberikan nasihat atau saran pada pimpinan untuk pencapaian tujuan organisasi. Pada organisasi bentuk staf, para karyawan atau pekerja dalam organisasi tersebut dianggap sebagai staf.


Kebaikan :

  1.  Kerataan, tidak ada dalam membedakan antara pemimpin dan karyawan
  2.  Karyawan atau pimpinan dapat memberi saran kepada pemimpin
      
      c. Organisasi fungsional

Hardjito (2001:35) mengatakan bahwa organisasi fungsional adalah suatu bentuk organisasi yang didalamnya terdapat hubungan yang tidak terlalu menekankan kepada hierarki struktural, akan tetapi lebih banyak didasarkan pada sifat dan jenis pekerjaan yang akan dilakasanakan. Senada dengan itu Hasibuan (2001:156) mengatakan bahwa pada organisasi bentuk fungsional, pembagian kerja merupakan masalah yang mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh, karena didasarkan pada spesialisasi masing-masing orang dalam organisasi.

Kebaikan :

  1. Tidak menekankan ke semua pihak
  2.   Kerataan dalam pembagian tugas sesusai golongan masing – masing.

B. Struktur atau Skema Organisasi

    1. Struktur Organisasi

Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu organisasi, komponen-komponen dalam tiap organisasi memiliki ketergantungan. Sehingga jika suatu komponen baik. Maka akan berpengaruh pada komponen lainnya dan organisasi tersebut.

Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :
·         Bentuk Vertikal
·         Bentuk Mendatar / horizontal
·         Bentuk Lingkaran / circular
·         Bentuk Setengah lingkaran / semi Sircular
·         Bentuk Elliptical
·         Bentuk Piramida terbalik (Invented Piramid)

Bagan organisasi adalah suatu upaya dengan tulisan atau lisan untuk menunjukan tingkatan organisasi.

1. Bagan mendatar ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.

2. Bagan Lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah bidang lingkaran.

3. Bagan Setengah lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.

4. Bagan Elips ialah bentuk bagan satuan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat Elips kea rah bidang elips



2. Skema Organisasi

Macam-macam Skema Organisasi :

A. Berdasarkan teknik atau cara membuatnya :

  1. Skema organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
  2. Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
  3. Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
  4. Skema organisasi Lingkaran
  5. Skema organisasi Gambar

B. Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya :

a. Skema Organisasi Fungsional

Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain dan saling berkaitan antara satu dengan yang lain.
 
·       b. Skema Organisasi Jabatan

Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing, tetang cara bekerja, apa yang harus ia lakukan dan pencapaian yang ia dapatkan.

·       c. Skema Organisasi Nama

Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan, yang mengejarkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya

·     d. Skema Organisasi Nama dan Jabatan

Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.

·      e. Skema Organisasi  Struktur

Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut, dan juga fungsi-fungsi antara bagian-bagian itu satu sama lain yang saling berhubungan dan juga saling membantu



Kesimpulan :

Tipe tipe organisasi di atas cukup banyak , yang intinya bahwa pada tujuan dari struktur organisasi maupun bentuk organisasi ialah ingin mencapai segala nya dengan ringan atau mudah yang dilakukan secara bersama-sama.

Yang dimana melakukan tugas nya sesuai golongan masing – masing yang dimana dalam organisasi itu ada atasan, tengah, dan bawahan yang sudah terstruktur rapih. Tetapi tidak ada perbedaan di dalam golongan masing – masing semua nya tetap bekerja sama sesuai tugas nya masing – masing. Serta sudah ada aturan – aturan yang di buat dan dilaksanakan dengan sebaik – baik nya. Dan saling memberi saran antara atasan dengan bawahan serta sebalik nya bawahan diberi saran oleh atasan dan itu dinamakan kerja sama (Team Work) antar atasan dan bawahan.


Refrensi :
https://www.academia.edu/6779464/Tipe-tipe_Organisasi 
http://wayannirwansetiabudi.wordpress.com/2013/10/22/struktur-dan-skema-organisasi/ 
Hasibuan, M. S.P. 1996. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Hardjito, D. 2001. Teori Organisasi dan teknik pengorganisasian. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUSA TENGGARA BARAT

Pengertian Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Sejarah Windows OS Sampai Sekarang