Adobe DreamWeaver


Pengertian

Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Cloud (sering disingkat Adobe Cc).


Fitur Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Tata letak tampilan Design memfasilitasi desain cepat dan pembuatan kode seperti memungkinkan pengguna dengan cepat membuat tata letak dan manipulasi elemen HTML. Dreamweaver memiliki fitur browser yang terintegrasi untuk melihat halaman web yang dikembangkan di jendela pratinjau program sendiri agar konten memungkinkan untuk terbuka di web browser yang telah terinstall.


Syntax highlighting

1.         ActionScript
2.         Active Server Pages (ASP)
3.         Cascading Style Sheets (CSS) 
4.         ColdFusion
5.         EDML
6.         Extensible HyperText Markup Language (XHTML)
7.         Extensible Markup Language (XML)
8.         Extensible Stylesheet Language Transformations (XSLT)
9.         HyperText Markup Language (HTML)
10.          Java
11.         JavaScript
12.          PHP: Hypertext Preprocessor (PHP)
13.           Visual Basic (VB)
14.           Visual Basic Script Edition (VBScript)
15.           Wireless Markup Language (WML)



Hal ini juga mungkin bagi pengguna untuk menambahkan syntax highlighting bahasa mereka sendiri. Selain itu, completing code tersedia untuk banyak bahasa.


Analisa :

Aplikasi Dreamweaver ini berguna sekali untuk seorang mahasiswa yang sedang menyusun PI (Penulisan Ilmih) ataupun yang sedang menyusun skripsi yang bertujuan ingin membuat sebuah Web Sederhana untuk tugas Penulisan Ilmiah (PI) ataupun Skripsi nya. Yang dapat dibilang Aplikasi DreamWeaver ini  mudah untuk di pahami, Serta memudahkan Si Mahasiswa tersebut dalam men-design web sederhana nya yang nantinya akan dibuat. Tidak hanyak DreamWeaver saja yang di butuhkan untuk membuat Web sederhana tetapi juga membutuhkan Aplikasi XAMPP ataupun AppServ yang berguna untuk membuat sebuah Databasenya. Jika Membuat web dinamis tidak disertakan databasenya , Web tersebut tidak akan berjalan. Yang nanti nya kita akan membahas XAMPP ataupun AppServ di postingan selanjutnya, Makasih.

Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUSA TENGGARA BARAT

Pengertian Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Penyebab Laptop Mudah Terkena Virus