Makna dari sebuah puisi dalam kehidupan sehari-hari

Puisi ialah sebuah pelampiasan perasaan dari seseorang yang ingin mencurahkan suatu isi hati nya yang biasanya di ambil dari realita kehidupan sehari-hari nya, seperti curhatan dalam bentuk kalimat dengan mengkhayati dalam setiap teks puisi yang di buat nya dan sebuah puisi akan indah bila puisi tersebut di buat oleh perasaan yang mendalam.

setiap puisi juga memiliki khas nya masing-masing , seperti Puisi untuk sahabat , yang bersifat Religius, atau realitaa kehidupan, cinta (biasanya buat remaja yang lagi kasmaran. Hehehe.. ) dan lain-lain. 

Dan saya akan menjelaskan isi puisi dari Chairil Anwar yang berjudul "DOA" yang di kutip dari buku ciptaan nya sendiri "Aku ini binatang jalang"


   














DOA     
      
            Kepada Pemeluk Teguh

Tuhanku

Dalam termangu
Aku masih menyebut namaMu

Biar susah sungguh
Mengingat kau sepenuh seluruh

cayaMu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi


Tuhanku

Aku hilang bentuk
Remuk

Tuhanku

Aku mengembara di negeri asing

Tuhanku

Di Pintumu aku mengetuk 
Aku tidak bisa berpaling

maksud dari puisi di atas adalah dibawah berikut.

DOA     
Kepada Pemeluk Teguh
(kepada Tuhan sang pencipta semesta Alam)
Tuhanku


Dalam termangu
Aku masih menyebut namaMu

(“maksut dari puisi di atas adalah meskipun aku dalam keadaan kalut atau masih dalam keadaan bingung aku masih terus mengingat mu wahai TuhanKu sang pencipta alama semesata ini”)

Biar susah sungguh
Mengingat kau sepenuh seluruh

(“ biar dalam keadaan suka ataupun duka apaapun aku masih sepenuh nya terus-menerus menyebut nama mu ya Tuhan)

cayaMu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi


Tuhanku

Aku hilang bentuk
Remuk

(dalam keadaan sunyi senyap hanya secercahaya mu yang menerangi kehidupanku dalam keadaan gelap hidup ku, meskipun dalam setiap kehilangan jejak ku  secercahaya mu terus menerangi kehidupanku

Tuhanku

Aku mengembara di negeri asing

Tuhanku

Di Pintumu aku mengetuk 
Aku tidak bisa berpaling


(dimana pun aku mengembara, aku tetap tidak bisa berpaling untuk mengingatmu yang menciptakan alam semesta ini ya Tuhanku.)

Demikian yang dapat saya simpulkan Arti puisi "DOA" cipt. Chairil Anwar , yang di kutip dari buku nya "aku ini binatang jalang" . Terima kasih :)

sumber :
Buku Cetak Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X
penerbit ARYA DUTA.
Tateng Gunadi, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUSA TENGGARA BARAT

Pengertian Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Penyebab Laptop Mudah Terkena Virus