Wacana yang membedakan pemanfaatan Bahasa Indonesia pada tataran ilmiah, semi ilmiah, dan non ilmiah

1. Wacana Ilmiah

Wacana Ilmiah adalah Tulisan yang berisi argumentasi penalaran keilmuan, yang di komunikasikan lewat Bahasa tulis yang formal dengan sistematis-metodis dan sintetis-analitis. Pemanfaatan wacana ini dapat membantu pembaca nya menerima informasi dengan suguhan yang telah di sediakan secara formal.

Contoh Wacana Ilmiah

Wacana ilmuah terdapat pada buku ejaan yang di sempurnakan. Berisi tentang pengejaan kata dan kalimat yang di gunakan dalam Bahasa Indonesia. Membahas Bahasa yang kita gunakan sehari-hari , buku ini pun harus dilengkapi keterangan dan detail-detail yang jelas, dalam menjelaskan tiap maksud dari yang tertulis di dalam nya.



2. Wacana Semi-Ilmiah

Wacana Semi-Ilmiah adalah tulisan yang berisi informasi faktual, yang di ungkapkan dengan Bahasa semiformal, tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena di sering “dibumbui dengan opini pengaran yang terkadang-kadang subjektif. Manfaat wacara semi-ilmiah adalah kita dapat mengetahui fakta aktual dan opini dari beberapa narasumber.

Contoh wacana Semi-ilmiah

Wacana ini biasa kita temukan di berita dalam koran atau surat kabar, baik surat kabar fisik atau online.


3. Wacana Non Ilmiah

Wacana Non ilmiah adalah karangan yang tidak terikat pada aturan yang baku, manfaat dari wacana non ilmiah adalah kita bisa menulis sesuatu yang dihasilkan oleh pikiran kita, bahkan hasil tersebut bisa berupa karangan fiksi,atau tidak sesuai dengan aslinya,seperti pada novel Sherlock Holmes dan beberapa novel lainnya.

Contoh dari Wacana Non Ilmiah

Wacana ini bisa kita temukan di sebuah Buku novel, Buku Cerita Rakyat, Cerita Pendek, dongeng dan beberapa hasil karya tulis lain yang terlepas dari aturan buku tersebut.

Analisis :

Menurut saya perbedaan dari ke 3 Wacana di atas memiliki perbedaan  yang cukup jelas , seperti yang sudah di jelaskan di atas Bahasa setiap Wacana di atas memiliki karakteristik yang berbeda dari yang 1 dengan lain nya, terutama dari fungsi pemanfaatan dari setiap Wacana tersebut.

Seperti hal nya : 

  • Wacana Ilmiah, biasa nya wacana ilmiah ini dapat kita temukan pada Karya tulis ,karya ilmiah, skripsi, artikel ataupun laporan praktikum yang dimana isi dari karya tersebut adanya Bahasa tulis yang formal(Baik dan Benar), sesuai metode, dan bersifat analitis sehingga pemanfaat wacana ini dapat membantu si pembaca untuk menerima informasi yang  telah di sediakan secara formal  
  • Wacana semi-ilmiah, wacana ini biasa kita temukan dalam Berita atau surat kabar karena wacana ini berisi informasi faktual yaitu informasi nya berdasarkan kenyataan tetapi tidak dapat di pertanggung jawabkan, yang di ungkapkan dengan Bahasa semiformal yang dimana wacana semi-ilmiah manfaat nya agar kita dapat mengetahui fakta faktual yang ada dan tambahan Opini dari beberapa Narasumber .
  • Wacana Non Ilmiah, wacana ini biasa kita temukan di sebuah Buku Novel, Buku Cerita Rakyat, ataupun cerpen dan dongeng. Yang dimana Manfaat wacana ini adalah kita bisa menulis sesuatu yang di hasilkan dari pikirian kita sendiri, bahkan hasilnya bisa saja karangan fiksi atau tidak sesuai dengan keadaan aslinya. Contoh sebuah Cerita Rakyat yaitu Santa Claus kita bisa percaya atau tidak pada Cerita Rakyat yang ada pada buku anak-anak. Apakah cerita tersebut itu benar ada atau hanya karangan saja atau bisa disebut fiksi.
Sumber : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUSA TENGGARA BARAT

Pengertian Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Penyebab Laptop Mudah Terkena Virus